PESERTA SKB CPNS FORMASI TAHUN 2019 TERTIB DAN TAAT DENGAN ATURAN

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on linkedin

Peserta pada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi tahun 2019 selama pelaksanaan, sangat tertib dan tanpa adanya kesalahan dari segi berpakaian  maupun atribut yang dipakai. Aturan yang diberikan pun juga ditaati dengan baik.


Hal itu terlihat dari pantauan selama lima hari kegiatan tersebut berlangsung. Ketertiban peserta dalam memakai atribut sudah terlihAt baik, Jika dibandingkan pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Formasi tahun 2019 pada Februari lalu.


Tak hanya itu saja, peserta juga patuh dalam menjalankan protokol kesehatan yang diterapkan di Tes SKB CPNS di Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Mulai dari mencuci tangan , penggunaan masker dan perlindung wajah serta menjaga jarak telah dijalankan dengan baik oleh para peserta.  Pada tes ini, para peserta diharuskan menggunakan pakaian berwarna putih, rapi dan bersepatu hitam.


Sri Widayati, SH, perwakilan Kantor Regional I Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Yogyakarta,  mengatakan dalam pengumuman BKN ke setiap instansi  tidak diatur mengenai warna pakaian yang harus dikenakan, peserta bisa berpakaian bebas. Tapi kalau diatur oleh instansi disetiap daerah, peserta harus mengikuti apa yang telah dipersyaratkan.

Meskipun BKN tak mengatur penggunaan baju, dan celana tertentu, peserta tetap tidak diperbolehkan menggunakan celana jeans.Menurut dia, ketaatan dalam berpakaian dari peserta tes SKB CPNS Formasi Tahun 2019 sudah sangat baik.


“Tetap harus menggunakan sepatu. Tidak boleh pakai sandal. Tidak boleh pakai kaus. Tidak boleh bercelana jeans. Itu aturan umum. Jika instansi di tiap daerah memiliki aturan tertentu seperti berbaju putih dan bercelana panjang hitam peserta wajib mentaatinya,” jelasnya.

Sejumlah instansi, atau lembaga dari setiap daerah yang telah mengumumkan

menginformasikan syarat pakaian yang harus dikenakan saat mengikuti SKB. Rata-rata Kementerian/Lembaga di setiap daerah mensyaratkan pakaian, atasan baju putih lengan panjang (ada yang membolehkan lengan pendek), dan bawahan celana panjang, atau rok panjang hitam, dan bersepatu hitam (ada juga yang mensyaratkan pantofel). Bagi peserta perempuan yang memakai hijab, wajib berwarna hitam polos.


Kegiatan SKB CPNS Formasi Tahun 2019 diselenggarakan pada 12-18 September 2020. Secara keseluruhan dari 7 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang mengikuti SKB CPNS di Universitas Dian Nuswantoro Semarang, berjumlah 3945 peserta. 


Jumlah tersebut  terdiri dari 471 peserta dari kota Pekalongan , 527 dari Kabupaten Batang, 434 Kota Tegal, 246 peserta dari Kabuapten Brebes, 1245 peserta dari Kabupaten Tegal, 589 dari Kabupaten Wonosobo dan 433 peserta dari Kota Semarang.Hasil tes SKB CPNS Formasi Tahun 2019 juga dapat disaksikan secara online melalui channel  Youtube Kanreg I BKN Official. (Humas Udinus)